BPSDM ESDM Luncurkan Aplikasi ALLINA

BPSDM ESDM Luncurkan Aplikasi ALLINA
31 Okt, 2023

BPSDM ESDM Luncurkan Aplikasi ALLINA

31 October 2023 | Seputar BPSDM ESDM


Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada publik, pada hari ini (31/10) BPSDM ESDM meluncurkan aplikasi dan layanan pelatihan industri dan masyarakat (ALLINA). Dalam acara yang dilaksanakan di  Gedung Widjajono Partowidagdo BPSDM ESDM tersebut hadir Kepala BPSDM ESDM, beserta Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia KEBTKE, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia KEBTKE Migas, serta Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah.

Aplikasi ALLINA dikembangkan oleh tim IT dari BPSDM ESDM dengan dukungan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin) dengan tujuan untuk membentuk layanan terintegrasi yang menggabungkan lima layanan pelatihan bagi tenaga industri dan masyarakat di bidang Minyak dan Gas bumi, Geologi Mineral dan Batubara, Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi serta Pertambangan Bawah Tanah ke dalam sebuah platform yang dapat digunakan secara bersama.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Nurtjahyo menyampaikan bahwa dengan penerapan aplikasi ALLINA diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses administrasi diklat. ”Allina merupakan komitmen dari KESDM dimana kita mencoba agar sistem diklat dapat lebih seamless, dengan mengurangi peran manual manusia dimulai dari pendaftaran hingga sertifikat semua langsung secara otomatis melalui aplikasi ALLINA” Jelas Prahoro




Banyaknya satuan kerja di BPSDM ESDM dapat mengakibatkan banyaknya pula aplikasi yang digunakan oleh tiap satker, ALLINA merupakan jawaban untuk mengatasi hal tersebut yang dapat digunakan oleh tiap satker dimaksud sehingga menjadi satu kesatuan. ”BPSDM ESDM memiliki 8 satker, dimana 5 satker diantaranya merupakan penyelenggara diklat, apabila tiap satker tersebut memiliki aplikasi masing-masing maka akan menyulitkan, oleh karena itu kita menggunakan satu sistem aplikasi yang digunakan bersama. Perlu diingat bahwa pelayanan BPSDM ESDM mencakup keseluruhan sektor energi dan sumber daya mineral dan tidak hanya terbatas pada lingkup Kementerian ESDM” lanjut Prahoro.

BPSDM terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan pengembangan kompetensi bagi tenaga industri dan masyarakat yang mudah dan cepat sehingga dapat mendukung peningkatan kegiatan produksi di hilir serta mendukung investasi menuju sektor hilir baru yang merupakan 2 dari 4 program strategis kebijakan hilirisasi industri. Tantangan ini jika dijawab dengan menggunakan cara biasa maka tingkat keberhasilannya akan menjadi kecil. Di era digitalisasi seperti saat ini, kita wajib memanfaatkan teknologi informasi untuk mencapai target.




Dengan peresmian penggunaan aplikasi terintegrasi ini semakin menegaskan komitmen Kementerian ESDM dalam pelaksanaan percepatan digitalisasi pada 7 kementerian Lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang meliputi Pemanfaatan Pusat data nasional, Penyusunan Enterprise Architecture, Pengelolaan Application Programming Interface, Pemanfaatan Online Single Submission, Pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Instansi, Pemanfaatan SPLP, dan Penggunaan Single Sign On. Semua indicator ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pemberian layanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengelolaan sumber daya alam dan ketahanan energi serta pendukung penyelenggaraan pemerintahan terintegrasi.

ITC