Widyaiswara PPSDM Migas menjadi Narasumber pada Sosialisasi Forum ASN Internasional, Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi

Widyaiswara PPSDM Migas menjadi Narasumber pada Sosialisasi Forum ASN Internasional, Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi
13 Sep, 2021

Widyaiswara PPSDM Migas menjadi Narasumber pada Sosialisasi Forum ASN Internasional, Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi

13 September 2021 | Seputar BPSDM ESDM

Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan azaz gotong royong dimana dalam visi disebutkan bahwa pengembangan ASN menjadi salah satu prioritas kerja selama lima tahun ke depan. Presiden menyebutkan bahwa SDM ASN harus bekerja keras melayani masyarakat harus terampil terutama penguasaan iptek, hal ini menjadi dasar untuk mewujudkan ASN yang berkelas dunia.

Sehingga perlu dibuat forum bagi ASN sehinga ASN dapat turut serta untuk aktif dalam menyampaikan gagasan, terobosan dan inovasi untuk mengembangkan organisasi melalui penyusunan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan pada journal nasional terakreditasi.

Oleh sebab itu pada hari Kamis (9/9), dua widyaiswara PPSDM Migas telah diundang sebagai narasumber pada acara Sosialisasi Forum ASN Internasional, Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi yang diselenggarakan oleh PPSDM Aparatur secara online dengan 177 orang peserta.

Sosialisasi yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat menulis dan turut serta berperan aktif untuk pembangunan pola pikir ASN yang adaptive, agile dan berwawasan global ini mengundang Dr. Novi Heryono, S.T., M. T., sebagai pembicara sekaligus mengenalkan apa itu Forum ASN Internasional yang akan digelar pada 12 Oktober 2021.

“Forum ASN Internasional dengan Tema Building an Agile and Global Minded Public Civil Servant pada bulan depan ini mengajak untuk turut menulis paper pada gelaran kali ini dengan tema-tema sebagai berikut yaitu Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Pengembangan SDM ASN, Center of Excellence, Corporate University, Digital Learning, Manajerial dan Kepemimpinan, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan submission deadline pada tanggal 3 Oktober 2021 dan acara konferensi pada tanggal 12 Oktober 2021,” ungkap Novi.

Kemudian narasumber ke-dua yaitu Dr. Syafril Ramadhon, S.T., M.T., menjelaskan mengenai jurnal ilmiah terakreditasi nasional beserta status akreditasinya, mengapa harus menulis jurnal dan bagaimana menulis jurnal ilmiah terakreditasi nasional.

“Setiap berbicara jurnal ilmiah selalu kita membicarakan SINTA. Nah Sinta sendiri adalah Science and Technology Index yang merupakan system informasi penelitian berbasis web untuk mengukur performa peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia,” ulasnya.

Permenpan RB No.13 Tahun 2019 akan menjadi aturan yang harus dirujuk ketika pengusulan, penetapan pembinaan jabatan fungsional pegawai.

“Setiap pejabat fungsional harus melakukan penyusunan karya tulis/karya ilmiah di bidang tugas jabatan fungsional masing – masing sehingga menjadi pengembangan profesi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan tips dan triknya dalam penulisan jurnal bahwa semua harus menggunakan template jurnal karena wajib menggunakan sofware manager seperti Mendeley contohnya.

Pada penutupan paparan, Syafril menjelaskan tentang urutan menulis jurnal ilmiah terakreditasi nasional yaitu dimulai dari mencari jurnal ilmiah terkkreditasi nasional, melakukan penulisan, artikel penelitian, melakukan registrasi pada jurnal ilmiah terakreditasi nasionalm kemudian melakukan paper submission pada jurnal ilmiah, adanya revisi, proses publikasi dan yang terakhir adalah artikel penelitian siap dipublikasikan.