PEM Akamigas Sambut Wisudawan Angkatan ke 53

PEM Akamigas Sambut Wisudawan Angkatan ke 53
18 Jul, 2024

PEM Akamigas Sambut Wisudawan Angkatan ke 53

18 July 2024 | Seputar BPSDM ESDM


Dengan diiringi pawai para mahasiswanya, Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas pada hari ini, Kamis 18 Juli 2024 melaksanakan prosesi wisuda Program Sarjana Terapan Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan prosesi wisuda yang bertempat di di Grha Oktana PEM Akamigas ini merupakan gelaran yang Ke-53 kalinya oleh PEM Akamigas dan kali ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Kepala BPSDM ESDM Prahoro Nurtjahyo, Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani, orangtua wisudawan dan undangan.

Pada prosesi wisuda kali ini terdapat 308 wisudawan Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T.) yang terdiri dari 58 orang dari Program Studi Teknologi Teknik Produksi Minyak dan Gas, 64 orang dari Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, 69 orang dari Program Studi Teknik Mesin Kilang, 60 orang dari dari Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang, dan 57 orang dan Program Studi Logistik Minyak dan Gas.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Dadan Kusdiana mengungkapkan bahwa PEM Akamigas didirikan dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia vokasi yang setara Sarjana yang terampil dan kompeten untuk mengelola sumber daya energi minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia.

"Guna merespon kebutuhan tenaga kerja terampil yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, PEM Akamigas secara konsisten ikut andil dalam pengembangan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang migas. Lulusan-lulusan PEM Akamigas sudah tersebar di berbagai perusahaan migas dan diakui keberadaannya," jelas Dadan.

Dadan selanjutnya berpesan agar para wisudawan dapat memaksimalkan ilmu yang mereka peroleh agar dapat memberikan dampak positif nyata bagi lingkungan sosial maupun lingkungan kerja.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani menyampaikan bahwa para wisudawan terdiri atas jalur pembiayaan mandiri sejumlah 125 orang (41%) dan jalur pembiayaan kerjasama sejumlah 183 orang (59%) yang terdiri dari Pemprov Aceh 28 orang (9%), Pemkot Prabumulih 23 orang (7%), Pemkab Tanjung Jabung Barat 31 orang (10%), Pemkab Kepulauan Tanimbar 32 orang (10%), Pemkab Kepulauan Aru 41 orang (13%), Pemkab Maluku Barat Daya 19 orang (6%), beasiswa Kementerian ESDM 8 orang (3%) dan beasiswa ESTV Dom Bosco Maumali, Timor-Leste 1 orang.

Erdila turut menyampaikan bahwa serapan lulusan dengan masa tunggu 0 bulan PEM Akamigas pada tahun ini mencapai 22%, dengan tingkat kesesuaian pekerjaan yang sangat tinggi yang membuktikan bahwa PEM Akamigas telah mempersiapkan lulusan dengan pengetahuan teknis dan keterampilan praktis yang relevan dengan industri migas.

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas terus berupaya untuk mencapai berbagai sasaran strategis yang telah ditetapkan sesuai dengan Visi PEM Akamigas, yaitu Menjadi Politeknik Energi dan Mineral Terbaik di Indonesia serta Berstandar Internasional.

”Pada tahun 2027, kami bertekad untuk menjadi Politeknik Unggul di bidang ESDM, dengan misi mendapatkan akreditasi unggul program studi, menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang menghasilkan lulusan profesional yang kompeten di tingkat nasional. Selanjutnya, pada tahun 2032, kami menargetkan untuk menjadi Politeknik Berstandar Internasional dengan memperkuat kerja sama internasional, meningkatkan akreditasi prodi Internasional, serta menyediakan lingkungan kampus yang berstandar internasional. Pada tahun 2037, visi kami adalah menjadi Asian Class Polytechnic yang dikenal luas di Asia, dan akhirnya, pada tahun 2042, kami bercita-cita menjadi World Class Polytechnic yang diakui di seluruh dunia. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, kami yakin dapat mencapai setiap milestone ini dan terus memberikan kontribusi signifikan bagi sektor energi dan sumber daya mineral. Ini selaras dengan upaya Kementerian ESDM untuk meningkatkan kualitas SDM di sektor industri energi,” tutup Erdila

ITC