Gelombang 2 Tutup, Kini PEM Akamigas Buka Gelombang 3

Gelombang 2 Tutup, Kini PEM Akamigas Buka Gelombang 3
22 Mar, 2024

Gelombang 2 Tutup, Kini PEM Akamigas Buka Gelombang 3

22 March 2024 | Seputar BPSDM ESDM



Terlihat anak-anak berkumpul didepan poliklinik PEM Akamigas bersiap melakukan tes fisik dan kesehatan mandiri dengan pengukuran tekanan darah, tinggi badan, hingga lari dan push up. Tes ini merupakan salah satu bagian dari seleksi penerimaan mahasiswa baru PEM Akamigas yang untuk gelombang kedua ini dilaksanakan pada 4 – 9 Maret 2024. 

Beberapa peserta menyatakan perasaan senangnya karena tes kesehatan mandiri ini merupakan tahap terakhir untuk masuk dan menjadi calon mahasiswa baru PEM Akamigas. Seperti yang diungkapkan Cantika Wandari dari SMAN 1 Weru, Sukoharjo bahwa dia senang sekali bisa ikut tes kesehatan mandiri yang artinya dia sudah siap masuk dan menjadi mahasiswa PEM Akamigas, “Saya sangat menyukai tentang perminyakan sehingga saya senang bisa masuk di PEM Akamigas. Saya memilih Teknik Instrumentasi Kilang.”

Hal senada juga disampaikan Muhammad Maulana D. dari SMAS Darul Quran Aceh. Jauh-jauh dari Aceh ingin masuk ke PEM Akamigas karena memang telah mengenal PEM Akamigas cukup lama dan informasi dari teman-temannya bahwa kuliah di PEM Akamigas menyenangkan dan dibantu untuk lebih cepat dapat kerja di industri migas.




Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Tahun Akademik 2024/2025 masih belum berakhir. Setelah Gelombang 1 dan 2 berakhir, PEM Akamigas masih membuka peluang bagi peminat untuk ikut mendaftar di Gelombang 3. “Sengaja kami membuka sampai 3 gelombang di Tahun Akademik 2024/2025 ini untuk menjaring mahasiswa baru lebih banyak. Apalagi tahun ini kami menetapkan kuota mahasiswa baru 402. Jadi kami membuka peluang yang lebih besar bagi lulusan SMA, SMK sederajat yang ingin masuk ke PEM Akamigas. Pola yang kami terapkan juga sudah berubah. Di tingkat 1 dan 2, mahasiswa wajib tinggal di asrama, tapi di tingkat 3 dan 4 sudah kami berikan pilihan, boleh tetap di asrama atau ingin tinggal di asrama, silahkan bisa dikunjungi pmb.akamigas.ac.id,” ujar Wakil Direktur 1 Asepta Surya Wardhana yang juga adalah Ketua Panitia PMB Tahun Akademik 2024/2025 PEM Akamigas saat ditemui di sela-sela kegiatannya mengajar (22/03/2024).

Perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang berada di wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora ini membuka 5 program studi diantaranya adalah Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Mesin Kilang, Teknik Instrumentasi Kilang, dan Logistik Minyak dan Gas. “PEM Akamigas akan segera menjadi Kampus Vokasi Unggul dengan adanya Prodi Teknik Produksi Migas yang menjadi pendorong peningkatan kualitas PEM Akamigas dengan predikat unggul. Segera menyusul tahun ini Prodi Teknik Pengolahan Migas dan Teknik Instrumentasi Kilang diajukan untuk menjadi akreditasi unggul,” imbuhnya. (drm, https://akamigas.ac.id/)