Traning of Trainer Lakukan Studi Lapangan di Lamongan Jawa Timur

Traning of Trainer Lakukan Studi Lapangan di Lamongan Jawa Timur
12 Feb, 2024

Traning of Trainer Lakukan Studi Lapangan di Lamongan Jawa Timur

12 February 2024 | Seputar BPSDM ESDM



Training of Trainer (ToT) Advanced Maintenance, Commissioning, Fault Finding and Troubleshooting Solar PV and SCADA for Politechnic Lecturer yang diselenggarakan selama 2 minggu (29/01 – 9/02/2024) di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, juga memiliki agenda studi lapangan di wilayah Lamongan, Jawa Timur. 

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia dan Swiss ini pada tanggal 7 Februari 2024 melakukan studi lapangan di 2 lokasi yaknik Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah dan MPP (Mall Playanan Publik) Kab. Lamongan. Studi ini dilakukan terkait dengan pemasangan PLTS Rooftop (PLTS Atap) di kedua instansi tersebut, baik dari sisi keamanan, desain maupun perawatan. 

PLTS Rooftop di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah sendiri diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada tahun 2022. Pembangunan PLTS Rooftop ini memang menjadi bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam upaya meningkatkan pemanfaatan sumber daya EBT (Energi Baru Terbarukan). Hal ini juga  sejalan dengan Kebijakan EBT Tahun 2020-2025.




Menurut Ketua Pondok Pesantren, Fathur Rahman, PLTS Atap di Pondok Pesantren ini berkapasitas sebesar 7.500 W dan menjadi komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung berkembangnya energi ramah lingkungan (Green Energy). Hal ini sejalan dengan upaya mendukung Program G20 menuju Nett Zero Emission 2060. 

Sementara PLTS Rooftop di MPP Lamongan yang merupakan bantuan dari Kementerian ESDM pada tahun 2019 berkapasitas 40 Kwp. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Direktur MPP, Ir. Yayuk Sri Rahayu bahwa PLTS Rooftop ini sejalan dengan instruksi Bupati Lamongan th 2017 terkait dengan penghematan energi dan program pemerintah yang akan menuju net zero emission th 2060. Penghematan biaya bisa mencapai 10-15 %. (har, https://akamigas.ac.id/)