STIP Jakarta Belajar Bareng PEM Akamigas untuk Menuju WBBM

STIP Jakarta Belajar Bareng PEM Akamigas untuk Menuju WBBM
14 Jul, 2022

STIP Jakarta Belajar Bareng PEM Akamigas untuk Menuju WBBM

14 July 2022 | Seputar BPSDM ESDM


PEM Akamigas menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai studi banding pelayanan asrama bagi mahasiswa (11/7/2022). STIP Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pehubungan Republik Indonesia yang dahulu dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran.

STIP Jakarta, berkunjung ke PEM Akamigas guna mempelajari sistem informasi yang diterapkan guna mendukung pelayanan bagi mahasiswa di asrama. Sistem Informasi Layanan Vyatra (SILVYA) inilah yang menjadi pokok bahasan pada pertemuan dengan tim dari STIP Jakarta. “Saat ini STIP sedang menuju WBBM. Saya dengar PEM Akamiga sudah menggunakan aplikasi untuk memperbaiki layanan, yang kami butuhkan terutama adalah aplikasi yang bisa nge-link dengan kesehatan taruna. Kami ingin mengadop yang ada di PEM Akamigas ini untuk bisa kami sesuaikan dan terapkan di STIP kami,”ujar Wakil Ketua 3, Renta Novaliana.

Disambut oleh Plt. Wakil Direktur 3, Bambang Yudho Suranta, tim STIP ini diterima di ruang rapat Gd. Direktorat untuk melakukan diskusi tentang SILVYA PEM Akamigas. Dijelaskan oleh Bambang Yudho bahwa saat ini PEM Akamigas juga sedang menuju ke WBBM. “SILVYA ini sudah dibangun sejak 2 tahun yang lalu. Layanan dengan SILVYA ini sangat membantu kami, terutama untuk mengatur jumlah menu dan layanan sarpras,” jelas Bambang Yudho.

Banyak hal yang digali oleh tim STIP Jakarta ini tentang aplikasi ini, karena pola asrama yang diterapkan juga berbeda, akan banyak pula penyesuaian yang diperlukan. Tim STIP Jakarta yang berkunjung ke PEM Akamigas ini terdiri dari Pembantu ketua 3 Renta Novaliana, Kepala Pusat Pembangunan Karakter Agus Togatorop, Kepala Unit Bimbaingan Taruna Tribudi, Kepala Unit Asrama Edy Kurniawan, Kepala Unit Kesehatan dr. Ariyanti dan Pejabat Pembuat Komitmen Lucinda.

Gregorius Pudya Kinarya selaku Ketua Unit Komputer dan TI PEM Akamigas sebagai pengelola SILVYA ini menjelaskan, “Grand design dari SILVYA ini sudah mencakup E-kantin sebagai layanan makan, E-absensi sebagai monitoring kehadiran mahasiswa, E-asrama sebagai monitoring kegiatan mahasiswa di asrama, laporan keluhan sebagai sarana mahasiswa untuk menyampaikan keluhannya, dan dashboard dan laporan yang menunjukkan bahwa SILVYA ini bisa diakses real time.” (drm)