PEM Akamigas menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
Jakarta sebagai studi banding pelayanan asrama bagi mahasiswa (11/7/2022). STIP
Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian
Pehubungan Republik Indonesia yang dahulu dikenal dengan nama Akademi Ilmu
Pelayaran.
STIP Jakarta, berkunjung ke PEM Akamigas guna
mempelajari sistem informasi yang diterapkan guna mendukung pelayanan bagi
mahasiswa di asrama. Sistem Informasi Layanan Vyatra (SILVYA) inilah yang
menjadi pokok bahasan pada pertemuan dengan tim dari STIP Jakarta. “Saat ini
STIP sedang menuju WBBM. Saya dengar PEM Akamiga sudah menggunakan aplikasi
untuk memperbaiki layanan, yang kami butuhkan terutama adalah aplikasi yang
bisa nge-link dengan kesehatan taruna. Kami ingin mengadop yang ada di PEM
Akamigas ini untuk bisa kami sesuaikan dan terapkan di STIP kami,”ujar Wakil
Ketua 3, Renta Novaliana.
Disambut oleh Plt. Wakil Direktur 3, Bambang
Yudho Suranta, tim STIP ini diterima di ruang rapat Gd. Direktorat untuk
melakukan diskusi tentang SILVYA PEM Akamigas. Dijelaskan oleh Bambang Yudho
bahwa saat ini PEM Akamigas juga sedang menuju ke WBBM. “SILVYA ini sudah
dibangun sejak 2 tahun yang lalu. Layanan dengan SILVYA ini sangat membantu
kami, terutama untuk mengatur jumlah menu dan layanan sarpras,” jelas Bambang
Yudho.
Banyak hal yang digali oleh tim STIP Jakarta
ini tentang aplikasi ini, karena pola asrama yang diterapkan juga berbeda, akan
banyak pula penyesuaian yang diperlukan. Tim STIP Jakarta yang berkunjung ke
PEM Akamigas ini terdiri dari Pembantu ketua 3 Renta Novaliana, Kepala Pusat
Pembangunan Karakter Agus Togatorop, Kepala Unit Bimbaingan Taruna Tribudi,
Kepala Unit Asrama Edy Kurniawan, Kepala Unit Kesehatan dr. Ariyanti dan
Pejabat Pembuat Komitmen Lucinda.
Gregorius Pudya Kinarya selaku Ketua Unit
Komputer dan TI PEM Akamigas sebagai pengelola SILVYA ini menjelaskan, “Grand
design dari SILVYA ini sudah mencakup E-kantin sebagai layanan makan, E-absensi
sebagai monitoring kehadiran mahasiswa, E-asrama sebagai monitoring kegiatan
mahasiswa di asrama, laporan keluhan sebagai sarana mahasiswa untuk
menyampaikan keluhannya, dan dashboard dan laporan yang menunjukkan bahwa
SILVYA ini bisa diakses real time.” (drm)