Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM
Migas) yang mempunyai tugas utama untuk mengembangkan sumber daya manusia
minyak dan gas bumi selalu memberikan pelayanan terbaik. Ada empat sektor
layanan PPSDM Migas dua diantaranya adalah pelatihan dan sertifikasi yang
membutuhkan skill komunkasi yang mumpuni agar peserta dapat memahami materi
yang diberikan.
Untuk itu, PPSDM Migas menugaskan seluruh pejabat fungsional,
subkoordinator dan koordiantor di lingkungan PPSDM Migas untuk mengikuti seri
seminar Talk and Fun dengan tema Effective Communication pada Jumat (01/07/22)
di Ruang Pertemuan Wing Barat Kantor Besar PPSDM Migas.
Seminar yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini menghadirkan Ajeng
Raviando dari TALKINC untuk membeberkan apa saja yang harus dilakukan seorang
pengajar dan asesor sehingga kegiatan pelayanan di PPSDM Migas dapat
berlangsung dengan efektif.
“Ada hal yang penting untuk diketahui bahwa ketika kita
berkomunikasi dengan orang lain itu hanya 10 persen kata – kata yang
diperhatikan. Posisi selanjutnya adalah 20% dipengaruhi oleh suara sedangkan
70% berhasil atau tidaknya komunikasi ditentukan oleh tampilan visual kita
yaitu 10% ditentukan oleh total look dan 60% oleh body language,” jelas Ajeng
ketika membuka seminar ini.
Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dalam setiap komunikasi yang
kita bangun harus ada tiga struktur yaotu opening, content dan closing.
“Dalam opening, ada GISI yang diperhatikan yaitu adanya greetings,
introduction, story telling dan interaction. Sedangkan di dalam content ada
pendefinisian konten, kemudian explore dan menentukan topik. Terakhir adalah
closing dengan mengikuti pola yaitu adanya summary, recap dan punchline,” ujar
Ajeng dalam seminar yang berlangsung interkatif tersebut.
Seminar yang berlangsung selama hampir dua jam tersebut dibuka
oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya
Mineral (BPSDM ESDM) dan dihadiri oleh Sekretaris BPSDM ESDM, Kepala PPSDM
Migas, dan Kepala PPSDM Aparatur.