Perkembangan global saat ini dengan merebaknya pandemi virus Covid-19 telah menunjukkan pentingnya peran sektor Teknologi Informasi (TI) dalam suatu organisasi, mengingat semakin terbatasnya komunikasi secara fisik sehingga dialihkan dalam bentuk online. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Pengembangan SDM, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo “sejak ada virus Covid-19, zoom meeting telah menjadi hal yang biasa, namun kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak agar tidak menjadi pedang bermata dua”. Selanjutnya Prahoro mendorong agar BPSDM dapat selalu mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi.
\r\n\r\nSektor pemerintahan harus senantiasa melakukan transformasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang terpadu, efektif, dan mudah diakses. Untuk menjawab tantangan tersebut, salah satu fokus perubahan yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan SDM ESDM demi perbaikan pelayanan publik adalah inovasi TI agar lebih efektif, efisien, dan terintegrasi.
\r\n\r\nDalam rangka menjalankan inovasi TI tersebut diperlukan sebuah panduan dan arah pengembangan layanan BPSDM ESDM berbasis Digital. Panduan ini kemudian disusun dan selaras dengan Rencana Strategis level Kementerian ESDM maupun BPSDM ESDM serta peraturan yang berlaku. Panduan dengan judul Roadmap Layanan Digital tersebut akan dilaksanakan hingga tahun 2025. Penyusunan Roadmap Layanan Digital melibatkan dua tim yang terdiri atas tim internal yang melibatkan seluruh unsur di BPSDM, serta tim independen yang melibatkan akademisi, praktisi, dan birokrasi.
\r\n\r\nSasaran yang hendak dicapai melalui pelaksanaan Roadmap Layanan Digital mencakup 4 (empat) aspek yaitu tata kelola, layanan berorientasi pengguna, teknologi informasi dan komunikasi, serta sumber daya manusia. Dengan bergesernya tren pelayanan dari fisik menuju digital, BPSDM turut aktif dengan meningkatkan kualitas layanan berbasis digital yang dilaksanakan secara berkelanjutan.
\r\n\r\nUntuk sisi teknologi informasi, akan dilakukan identifikasi dan perencanaan pengembagan infrastruktur digital yang diperlukan, dengan optimalisasi penggunaan aplikasi dan pengelolaan data yang tepat dan akurat. Terkait sumber daya manusia, pengembangan layanan digital kedepannya diharapkan dapat mendukung identifikasi dan perencanaan pengembangan SDM.
\r\n\r\nDengan tersusunnya roadmap layanan digital tersebut diharapkan dapat membentuk SDM sektor ESDM yang profesional dan berdaya saing tinggi untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. (ITC)
Tags :