Dari GloColis 2024, Lumina Vyatra Sabet Medali Emas

Dari GloColis 2024, Lumina Vyatra Sabet Medali Emas
16 Okt, 2024

Dari GloColis 2024, Lumina Vyatra Sabet Medali Emas

16 October 2024 | Seputar BPSDM ESDM

Global Competition for Life Sciences (GloCoLis) 2024 merupakan platform pembelajaran dan kompetisi keilmuan dan membangun jejaring bagi peneliti dan profesional industri. GloColis 2024 ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Malang, Malaysia Innovation, Invention & Creative Association (MIICA), dan Milset International. 


Bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), GloColis 2024 ini diikuti oleh 308 peserta dari 13 negara. Salah satu peserta dari Indonesia adalah PEM Akamigas. Diwakili oleh tim Lumina Vytra, PEM Akamigas berhasil meraih medali emas pada event yang diselenggarakan dalam kurun 30 Agustus hingga 2 September 2024 ini. 


Tim Lumina Vyatra beranggotakan Achmad Rendy Dwi Yulianto, Dewa Setyo Wibowo, Abdurrahman Faiz Musyaffa dan Najwa Kamila Widodo. 4 mahasiswa Program Studi Teknik Pengolahan Migas ini, di bawah bimbingan dosen Tun Sriana berhasil menempatkan papernya “Biosolar: Synthesis of Vegetable Oil for Squirrel Tail Palm (Wedyetia Bifurcate) Seeds Blended with Solar into Environmentally Friendly Diesel Engien Fuel,” untuk meraih medali emas serta special award dari IYSA bersama dengan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta dan 2 tim dari Universitas Brawijaya. 


Menurut Tun Sriana selaku dosen pembimbing Tim Lumina Vyatra ini, “Inovasi yang mereka tampilkan dalam karya ini, menurutku karena potensi biji palem ekor tupai jadi minyak diesel cukup tinggi karena keberadaanya yang banyak di indonesia, kemudian saya coba sintesis melalui metode transesterifikasi dan kombinasi katalis dari cangkang telur bebek, sehingga memenuhi spesifikasi B30 di Indonesia.” 


“Tim ini juga cukup kompak dan solid, sehingga mereka bisa saling mendukung. Mereka ini juga termasuk mahasiswa berprestasi di kelas, aktif di ormawa maupun kegiatan – kegiatan akademik seperti asisten Lab dan penelitian dosen,” pungkas Tun.  (drm, https://akamigas.ac.id/)