PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis Pajak Karbon Untuk Para Widyaiswara, Manajemen dan ASN Internal

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis Pajak Karbon Untuk Para Widyaiswara, Manajemen dan ASN Internal
28 Des, 2022

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis Pajak Karbon Untuk Para Widyaiswara, Manajemen dan ASN Internal

28 December 2022 | Seputar BPSDM ESDM


Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pajak Karbon pada 26 sampai 27 Desember 2022 secara Online melalui Aplikasi Zoom. 


Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia, Elin Lindiasari hadir mewakili Kepala PPSDM KEBTKE mewakili Kepala PPSDM KEBTKE, membuka secara resmi Pelatihan Teknis Pajak Karbon yang diselenggarakan untuk Widyaiswara, Manajemen dan ASN Internal di lingkungan PPSDM KEBTKE. 


Pelatihan ini merupakan amanat dari Kepala PPSDM KEBTKE dalam rangka peningkatan kompetensi ASN di bidang ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energy khususnya di bidang pajak karbon, hadir sebagai pengajar Prof. Indra Bastian, Ph.D., M.B.A., CA., CMA. Dari Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada. 


Dalam kseempatan tersebut, Prof. Indra Bastian menyampaikan bahwa Trend Global Penguatan Agenda Iklim, antara lain mengangkat topic sebagai berikut  Paris Agreement dalam COP 21 tahun 2016 yang menyepakati untuk mengurangi laju emisi dari business as usual di tahun 2030, untuk menahan laju temperatur global di bawah 2⁰C dari sebelum Revolusi Industri. 


Selain itu, G20 telah mendorong komitmen negara-negara pada isu perubahan iklim, termasuk untuk phasing out subsidi atas fossil fuels. G20 finance track juga membentuk Sustainable Finance Working Group (SFWG). Pada COP-26 bulan November 2021, pendanaan iklim merupakan salah satu tema utama untukmewujudkan Net Zero Emissions secara global di tahun 2050.  


Uni Eropa mewacanakan kebijakan Border Carbon Arrangement (bagian dari EU Green Deal) atau pengenaan pajak impor untuk barang yang menghasilkan emisi sesuai besaran emisi yang dihasilkan

Carbon pricing menjadi instrumen yang diandalkan dan dipromosikan dalam berbagai forum, dan implementasinya di dunia terus bertambah.


Tren global ESG funds (dana-dana yang memperhatikan prinsip ESG dalam kegiatan investasinya) semakin meningkat pesat sejak 2020. Kondisi Emisi di Indonesia dan Arah Dekarbonisasi: Indonesia telah kehilangan sebanyak 27.7 Mha lahan hutan pada tahun 2020, 47% dari pembangkitan listrik di Indoneisa masih didominasi oleh pembangkit batubara pada tahun 2038. 


Terdapat beberapa arah dekarbonisasi yang dinyatakan di dalam RAN-GRK 2011 (Rencana Aksi Nasional untuk Mereduksi Efek GRK) dengan target reduksi  sebesar 26% emisi GRK, NDC 2016 memiliki target mereduksi emisi GRK sebesar 29% dengan skema BAU dan 41% dengan skema bantuan internasional pada tahun 2030, RPJMN melalui LCDI 2019 menetapkan strategi dalam membantu menerapkan climate goals dan membantu memproteksi lingkungan. 


Konsep Emisi Carbon juga disampaikan oleh Prof. Indra Bastian bahwa Pengertian Emisi Karbon adalah jumlah emisi gas rumah kaca yang dilepaskan oleh pribadi atau kelompok dalam melakukan kegiatannya per periode tertentu yang diukur dengan satuan ton-setara-CO2 (tCO2e) atau kg-setara-CO2 (kg-CO2e).


Terdapat berbagai bentuk gas rumah kaca. PPSDM KEBTKE berharap para peserta dapat  mengikuti pelatihan ini dan dapat memanfaatkan waktunya selama dua hari ini. Peserta diharapkan dapat  menyerap ilmunya dengan baik dan dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing.


Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.


Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)


Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101


Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)