Kelas Pelatihan Teknis Kelistrikan untuk Non Kelistrikan dibuka Kembali untuk ASN Kementerian ESDM

Kelas Pelatihan Teknis Kelistrikan untuk Non Kelistrikan dibuka Kembali untuk ASN Kementerian ESDM
04 Agu, 2022

Kelas Pelatihan Teknis Kelistrikan untuk Non Kelistrikan dibuka Kembali untuk ASN Kementerian ESDM

04 August 2022 | Seputar BPSDM ESDM

Elin Lindiasari Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia mewakili Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman membuka secara resmi Pelatihan Teknis Kelistrikan untuk Non Kelistrikan. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Indeks Profesionalitas ASN (IP-ASN) adalah suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif tingkat profesionalitas pegawai ASN yang hasilnya digunakan untuk penilaian dan evaluasi guna kepentingan pengembangan profesionalitas profesi ASN.


Merujuk pada pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara sebanyak 20 jam pelajaran per tahun sesuai Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Kepala LAN Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi ASN tidak bisa dibebankan pada organisasi semata namun ada tanggung jawab pegawai dan atasan langsung, tutur Elin.


Berkenaan dengan hal tersebut Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Kelistrikan untuk Non Kelistrikan yang diikuti oleh ASN dilingkungan Kementerian ESDM (Sistem Distance Learning) pada tanggal 3 sampai dengan 5 Agustus 2022 melalui aplikasi Zoom.


Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan untuk ASN dilingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, diikuti sebanyak 36 (tiga puluh enam) orang yang terdiri dari Sekretariat Jenderal KESDM, Inspektorat Jenderal KESDM, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Dewan Energi Nasional, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu memahami kelistrikan untuk non kelistrikan berdasarkan standar dan ketentuan peraturan yang ada.


Sebelum beranjak ke penyampaian materi para peserta terlebih dahulu melakukan Pre-test sebagia pengukuran pemahaman bagi peserta sebelum megikuti pelatihan, dan diakhiri dengan Post-test sebagai pemahaman setelah mengikuti pelatihan, jelas Elin.


Materi pembelajaran terdiri dari Regulasi Ketenagalistrikan, Keselamatan Ketenagalistrikan, Pengenalan Sistem Tenaga Listrik, Pengenalan Pembangkit Tenaga Listrik Non Thermal, Pengenalan Pembangkit Tenaga Listrik Thermal, Pengenalan Pembangkit Tenaga Listrik EBT, Pengenalan Sistem Transmisi Tenaga Listrik, Pengenalan Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Pengenalan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Pencegahan Bahaya Listrik Pada Instalasi Rumah Tinggal.


Hadir sebagai pengajar dari Sdr. Ir. Enita Rosdiana Nainggolan, M.H., Zainul M Pulungan, S.T., M.B.A., Budiman Ricardo Saragih, S.T., M.T, Ir. Arief Indarto, M.M., Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.


Lanjut Elin, harapan saya pelatihan dapat memberikan kita suatu pemahaman yang memadai dan dapat diimplementasikan ditempat tugas masing-masing, kata Elin mengakhiri sambutannya.


Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, BERARTI, DAN BERAKHLAK

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM #BanggaMelayaniBangsa #kesdmesdm #bpsdmesdm #ppsdmkebtke #ketenagalistrikan #energi #pelatihan #sertifikasi #ditjengatrik #bimtek #BLUppsdmkebtke #BLU #BadanLayananUmum #BLUBerstrategiPulihkanEkonomi #ppkBLU #ppsdmmigas #ppsdmgeominerba #kesdmesdm

Tags :