Realisasi Serapan PPSDM Migas Naik 151% di tahun 2021

Realisasi Serapan PPSDM Migas Naik 151% di tahun 2021
07 Jan, 2022

Realisasi Serapan PPSDM Migas Naik 151% di tahun 2021

07 January 2022 | Seputar BPSDM ESDM

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) yang telah berdiri sejak 4 Januari 1966 terus bekerja keras meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di subsector minyak dan gas bumi.

Setelah hampir setengah abad berkiprah di industry ini, PPSDM Migas mempunyai lima jasa layanan andalan yaitu Pelatihan, Sertifikasi, Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk memfasilitasi siswa dan mahasiswa dari Sekolah serta Universitas di seluruh Indonesia untuk mengetahui industry migas secara langsung dan hands on, Laboratorium Pengujian serta Wisma dan Gedung yang menjadikan PPSDM Migas terus bergerak mengembangkan diri.

Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto menjelaskan bahwa selama tahun 2021 ini PPSDM Migas telah menorehkan sebuah prestasi yang luar biasa.

“Alhamdulillah PPSDM Migas ditengah gempuran pandemi masih dapat bertahan. Bukan hanya bertahan tetapi kami dapat melampaui target yang telah dicanangkan di awal tahun”, ungkapnya.

Ia menjelaskan semua target baik itu pelatihan, sertifikasi sebagai andalan utama PPSDM Migas telah jauh melampaui target.

“Di tahun 2021, peserta pelatihan mencapai 20.456 orang dengan 1.320 pelatihan dengan rincian peserta yaitu dari umum, internal PPSDM Migas, Kementerian ESDM, dan masyarakat. Ini melampaui target lebih yaitu 196%, ini benar – benar luar biasa”, jelasnya.

Begitu juga untuk sertifikasi, Kepala PPSDM Migas menambahkan jumlah peserta naik secara siknifikan.

“Sekali lagi berkat effort yang luar biasa dari seluruh pegawai PPSDM Migas, tahun 2021 kami berhasil mensertifikasi 18.161 orang dari target awal hanya 14.000 orang. Begitu juga untuk layanan lain seperti PKL dengan lebih dari 1.500 murid dan mahasiswa dari sekolah di seluruh Indonesia yang dilakukan secara online”, terangnya.

Lebih jauh ia menambahkan bahwa target penerimaan BLU PPSDM Migas juga naik 151,78%.

“Iya puji syukur kepada Tuhan bahwa target awal penerimaan BLU kurang lebih 83 milyar dan realisasinya naik menjadi 151,78% yang diperoleh pelatihan, sertifikasi, jasa laboratorium, pengolahan minyak bumi, kerja sama residu, pengolahan air, SPBU, penggunaan Rig 99, dan jasa – jasa lainnya. Sekali lagi ini adalah berkah bagi kami PPSDM Migas”, tutupnya.

Torehan prestasi PPSDM Migas juga diperoleh di sektor penerapan efisiensi energi dengan menjadi juara ke-3 pada acara penghargaan Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran di lingkungan KESDM di bulan Agustus tahun 2021.


Tags :