Laboratorium Uji Batubara BDTBT Terus Jaga Standar Mutu dan Kepuasan Pelanggan

Laboratorium Uji Batubara BDTBT Terus Jaga Standar Mutu dan Kepuasan Pelanggan
17 Okt, 2025

Laboratorium Uji Batubara BDTBT Terus Jaga Standar Mutu dan Kepuasan Pelanggan

17 October 2025 | Seputar BPSDM ESDM

BDTBT-Sawahlunto, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) terus memperkuat perannya dalam mendukung pengelolaan sumber daya mineral dan batubara nasional melalui optimalisasi sarana dan prasarana yang dimiliki, salah satunya melalui Laboratorium Uji Batubara. Sehingga laboratorium ini tidak hanya digunakan sebagai sarana pendukung kegiatan pelatihan teknis, tetapi juga melayani pengujian batubara bagi pihak eksternal, seperti perusahaan pertambangan, lembaga penelitian, dan instansi pemerintah.


Kepala BDTBT, Darius Agung Prata, S.T., M.K.K.K., menyampaikan bahwa pengembangan laboratorium ini merupakan langkah strategis dalam menjamin mutu hasil pengujian yang akurat, independen, dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kami berkomitmen menjadikan BDTBT sebagai pusat kompetensi dan referensi pengujian batubara di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral”, ujarnya.


Sebagai bentuk pengakuan atas kompetensinya, Laboratorium Uji Batubara BDTBT telah resmi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada 28 Desember 2022. Laboratorium ini dinyatakan memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2017 tentang Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian. Dengan status akreditasi tersebut, BDTBT Sawahlunto diakui secara nasional memiliki kompetensi untuk melaksanakan pengujian batubara sesuai standar mutu dan sistem manajemen laboratorium internasional.




Dalam rangka memberikan layanan yang cepat, transparan, dan akuntabel, Laboratorium Uji Batubara BDTBT menerapkan sistem pelayanan terstandar yang dimulai dari penyerahan sampel, dilanjutkan dengan penerbitan e-billing pembayaran, dan pembayaran biaya uji melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Setelah itu dilakukan proses pengujian sampel sesuai dengan prosedur operasional standar dengan waktu maksimal tiga hari kerja. Hasil pengujian kemudian diinformasikan kepada pengguna jasa, diikuti dengan pengisian Indeks Kepuasan Layanan (IKM) sebagai bentuk evaluasi terhadap mutu pelayanan, dan ditutup dengan penerbitan sertifikat hasil uji sebagai dokumen resmi laboratorium.


Kualitas layanan Laboratorium Uji Batubara BDTBT juga mendapat apresiasi dari berbagai pengguna jasa. Berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Layanan, pelanggan menyampaikan tanggapan positif seperti, “Kami sangat puas dengan kinerja BDTBT dan selama ini tetap merupakan kepercayaan kami”. Masukan dan apresiasi ini menjadi dorongan bagi BDTBT untuk terus menjaga standar mutu serta meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa. 


Melalui optimalisasi sarana laboratorium, penerapan standar mutu internasional, dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan, BDTBT Sawahlunto terus berupaya menjadikan Laboratorium Uji Batubara sebagai tempat pengujian yang profesional, efisien, dan berintegritas, sekaligus memperluas manfaat fasilitas BDTBT bagi dunia industri dan pendidikan di bidang pertambangan.

Tags :