SMK Perminyakan Dumai, Magangnya sampai Ke Cepu

SMK Perminyakan Dumai, Magangnya sampai Ke Cepu
05 Jan, 2024

SMK Perminyakan Dumai, Magangnya sampai Ke Cepu

05 January 2024 | Seputar BPSDM ESDM

14 siswa SMK Perminyakan Dumai, selama satu bulan di akhir tahun 2023 lalu melaksanakan magang di PEM Akamigas. Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan, menurut Humas SMK Perminyakan Dumai Bambang Irawan Tanjung, “Saat ini kami telah menerapkan kurikulum Merdeka yang mensyaratkan 6 bulan magang. Oleh karena itu akan sangat membantu apabila di PEM Akamigas untuk selanjutnya bisa menerima pemagangan siswa SMK Perminyakan Dumai ini selama 2 bulan.”

Kegiatan pelepasan siswa magang untuk SMK Dumai ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat Lt. 2 PEM Akamigas (2/1/2024). Kepala Baguan Umum PEM Akamigas Prasudjyana Gamarlap Seputra berpesan bahwa PEM Akamigas akan selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya. “Jauh-jauh datang ke Cepu akan sangat rugi jika belajar benar-benar. PEM Akamigas adalah kawah chandradimukanya ilmu migas. Seluruh mahasiswa kami juga nantinya akan dibekali dengan sertifikasi terutama K3. Jadi bagi siswa SMK Perminyakan Dumai, sebelum kerja, bekali dengan sertifikasi, karena tanpa sertifikasi kemampuan kalian tidak akan diperhitungkan.”

Bambang juga berscerita bahwa saat ini telah ada alumni SMK Perminyakan Dumai yang telah menjadi mahasiswa di PEM Akamigas Program Studi Teknik Produksi Migas. “Namanya Nova. Dia bercerita bahwa prodinya saat ini telah meraih akreditasi unggul. Selamat untuk PEM Akamigas dan prodi. Dan terima kasih kepada PEM Akamigas sekali lagi, meskipun hanya satu bulan, siswa kami berkesempatan belajar langsung dengan alat praktik, sehingga alhamdulillah mereka bisa merasakan praktik langsung dengan alat-alat laboratorium mulai hulu hingga hilir.”

Selama magang satu bulan di PEM Akamigas, salah satu siswa SMK Perminyakan Dumai Mutiara mengungkapkan bahwa, “Setiap minggu kami di rolling mulai dari laboratarorium hulu, mekanik, instrumentasi, hingga logistic. Jadi kami berkesempatan mempelajari banyak hal di sini. Kami ada 14, 12 dari jurusan produksi dan 2 dari jurusan pengolahan.”

Kegiatan pelesan siswa magang ini juga dihadiri oleh Kasubag Rumah Tangga dan Pengadaan Hangga Ramadhian, Kepala laboratorium PEM Akamigas Purnomosidi, Koordinator Laboratorium Hilir Dian Palupi, Sri Yuliati, Davit Winarni, dan tim humas PEM Akamigas. (drm, https://akamigas.ac.id/)