Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM
Migas) selalu concern mengenai pelayanan terhadap semua jasa yang ada. Sehingga
pada tahun 2020, PPSDM Migas mendapatkan apresiasi pengahargaan dari
Kementerian PANRB yaitu mendapatkan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan
Melayani).
Untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi pegawainya, PPSDM
Migas menyelenggarakan pelatihan Pelayanan Publik yang Prima di Industri Migas
yang dibuka pada Senin tanggal 11 – 13 April 2023.
Novi Hery Yono, Widyaiswara dari PPSDM Migas yang merupakan Course
Leader pelatihan ini menyebutkan bahwa service atau pelayanan prima adalah
memenuhi dan atau melampaui kebutuhan pelanggan termasuk semua yang mereka
butuhkan dan harapkan dari kita yang memberikan pelayanan.
“Pelatihan ini secara spesifik menjelaskan tentang kriteria
kuantitatif sebuah pelayanan yaitu apakah pelayanan yang diberikan kepada
masyarakat mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Selanjutnya, waktu yang
diberikan dalam melaksaksanakan pelayanan. Perbandingan antara jumlah pegawai
dengan jumlah pelanggan untuk menunjukkan tingkat produktivitas kerja. Selain
itu, adanya perangkat modern yang digunakan untuk mempercepat dan mempermudah
pelaksanaan. Dan yang paling terpenting adalah adanya keluhan atau apresiasi
dari pengguna layanan. Itu adalah beberapa hal yang disampaikan ketika
pelatihan berlangsung,” jelas Novi seusai pelatihan berlangsung.
Sebagai informasi tujuan dari pelayanan ini adalah semua peserta
mampu memberikan pelayanan publik yang prima di industri migas khususnya di
PPSDM Migas. Pelatihan selama tiga hari ini membahas mengenai Konsepsi
Manajemen Pelayanan Publik, Pendekatan dan Dimensi dalam Pelayanan
Publik, Good
and Service, Kualitas Kinerja Pelayanan Publik, dan Inovasi Pelayanan
Publik.