1DWE Bersama PT. PRPP - Tuban

1DWE Bersama PT. PRPP - Tuban
31 Des, 2021

1DWE Bersama PT. PRPP - Tuban

31 December 2021 | Seputar BPSDM ESDM

PT. Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) merupakan proyek kerja sama antara PT. Pertamina (persero) dan Rosneft Oil Company untuk mengelola proyek New Grass Refinery Root (NGRR) di wilayah Tuban, Jawa Timur.  Adapun bidang usaha PT. PRPP ini adalah industri kimia dasar yang menghasilkan bahan bakar (BBM) dan bahan baku industri petrokimia.

Hadir di PEM Akamigas secara virtual dalam One Day With Expert (1DWE) PEM Akamigas (27/12/2021), Presiden Direktur PT. PRPP, Kadek Ambara Jaya memberikan kuliah umum tentang “Pengembangan SDM untuk Pemenuhan Proyek GRR Tuban,” untuk seluruh mahasiswa PEM Akamigas.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur 1, Erdila Indriani ini merupakan kegiatan yang setiap bulan dilaksanakan, sebagai penambah pengetahuan dan ilmu mahasiswa PEM Akamigas. Mengawali kuliahnya, Kadek menampilkan template gambar tentang kilang dihamparan hutan dan sawah yang hijau, serta tampak laut. “Template ini merupakan gambaran tentang komitmen PRPP terhadap transisi energi dan juga green energi, serta komitmen PRPP terhadap lingkungan.”

“Proyek Grass Root ini sudah digagas sejak 2014. GRR Tuban ini merupakan salah satu mega proyek pengolahan dan petrokimia terbesar yang pernah ada.” Menurut Kadek, ketika kilang berdiri, maka tidak akan bisa dibendung yang namanya roda ekonomi. “Pasti akan bermunculan berbagai lapangan kerja. Kalo sekarang masih berebut pekerjaan, mungkin nanti kami lah yang akan berebut pekerja. Pertamina telah memiliki beberapa proyek di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Nah, untuk Jawa Timur ya GRR Tuban ini, yang pasti akan memerlukan banyak sekali pekerja-pekerja terutama dari wilayah Jawa Timur sendiri.”

Kadek juga memberikan gambaran tentang kebutuhan SDM untuk GRR Tuban yang sangat banyak, baik itu secara disiplin ilmu maupun secara keterampilan. “Untuk pemenuhannya, kami juga akan bekerja sama dengan BLKI, atau BLK-BLK yang ada di Jawa Timur, bahkan dengan PEM Akamigas,” jelas Kadek.  

PRPP juga memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas SDM lokal seperti yang sudah dilakukan dengan bekerja sama dengan PEM Akamigas. Saat ini ada sebanyak 47 mahasiswa yang merupakan putra daerah Tuban telah menerima beasiswa pendidikan dari PRPP. 47 mahasiswa ini sebagian telah telah duduk di tingkat 3 PEM Akamigas, sebagian lagi masih di tingkat 1. (drm)


Tags :