PPSDM Ketenagalistrikan EBTKE Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Daya Saing di Sektor Ketenagalistrikan dan Energi Terbaruka

PPSDM Ketenagalistrikan EBTKE Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Daya Saing di Sektor Ketenagalistrikan dan Energi Terbaruka
20 Sep, 2024

PPSDM Ketenagalistrikan EBTKE Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Daya Saing di Sektor Ketenagalistrikan dan Energi Terbaruka

20 September 2024 | Seputar BPSDM ESDM



Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing pada hari Kamis s.d. Jum’at, 19 s.d. 20 September 2024 secara offline bertempat di Santika Hotel, Bogor, diikuti sebanyak 16 (enam belas) orang peserta dari lingkungan PPSDM KEBTKE


Dalam sambutannya, Kepala PPSDM KEBTKE yang diwakili oleh Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program strategis untuk memperkuat pemasaran dan publikasi di sektor ketenagalistrikan energi baru terbarukan khususnya untuk rekan-rekan yang menangani bidang marketing dan juga berpotensi untuk menjadi marketing di PPSDM KEBTKE, yang selama ini belum mendapatkan perhatian yang maksimal di dunia digital. “Dengan pelatihan ini, kami berharap para peserta dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk memperluas jangkauan pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Elin.




Pelatihan ini mencakup berbagai materi penting seperti era pemasaran digital, memilih saluran digital yang tepat, perencanaan saluran digital, memaksimalkan potensi media social, menciptakan keterlibatan melalui konten digital, pembuatan konten digital, pemantauan saluran digital. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas perusahaan di mesin pencari.


Elin menyampaikan ucapan terima kasih kepada MarkPlus Institute atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan, Ia menyatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan yang kedua kalinya dengan judul yang berbeda, semoga pelatihan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman tentang strategi pemasaran digital yang efektif di era yang serba digital ini. Ilmu yang kami dapatkan sangat aplikatif dan relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini, terutama dalam mengembangkan strategi pemasaran secara online. Kami merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan pasar yang terus berubah,” ujar Elin.

Selain itu, Elin juga menambahkan bahwa materi yang disampaikan sangat mendetail dan mudah dipahami, serta memberikan banyak wawasan baru, terutama bagi rekan-rekan yang baru memasuki dunia digital marketing. Ia berharap MarkPlus Institute terus mengadakan pelatihan-pelatihan serupa untuk membantu pelaku bisnis dalam meningkatkan daya saing di dunia digital.




Salah satu peserta pelatihan, Aspita Dyah Fajarsari menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam memahami bagaimana memaksimalkan potensi digital marketing untuk memperkenalkan produk dan layanan bidang ketenagalistrikan energi baru terbarukan. “Di era digital ini, kami harus lebih agresif dalam memasarkan produk melalui platform online. Pelatihan ini memberikan kami wawasan baru tentang cara menjangkau pasar yang lebih luas dan efektif,” katanya.

Pelatihan ini mendapat respon positif dari para peserta yang juga berharap kegiatan serupa bisa diadakan secara berkala guna memperbarui pengetahuan dan keterampilan di bidang pemasaran digital.




PPSDM KEBTKE berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kompetensi sumber daya manusia di sektor ketenagalistrikan energi baru terbarukan, khususnya dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang kian pesat.