Terima Rencana Pengawasan Tahunan (RPT), BPSDM ESDM Siap Kawal Audit Kinerja 2024

Terima Rencana Pengawasan Tahunan (RPT), BPSDM ESDM Siap Kawal Audit Kinerja 2024
11 Jan, 2024

Terima Rencana Pengawasan Tahunan (RPT), BPSDM ESDM Siap Kawal Audit Kinerja 2024

11 January 2024 | Seputar BPSDM ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan Rencana Pengawasan Tahunan (RPT) serta membuka Audit Kinerja Tahun 2024, yaitu audit menyeluruh terkait pengelolaan kinerja dan keuangan tahun 2023 di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai perwujudan good governance pada Kamis (11/01/2024) di Ruang Rapat Sarulla, Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM.

 

“Langkah kerja Kementerian ESDM harus akuntabel dalam upaya melakukan transparansi pemerintahan agar bisa mencerminkan kerja pemerintah yang baik,” ucap Menteri ESDM Arifin Tasrif pada pembukaan kick-off Audit Kinerja Tahun 2024.

 

Arifin Tasrif menerangkan bahwa Kementerian ESDM memiliki peran vital dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tujuannya termasuk memastikan pasokan energi yang cukup, meningkatkan pendapatan negara, membangun infrastruktur, mendorong kemajuan teknologi dan inovasi, mengelola lingkungan, serta mencapai kesejahteraan sosial yang merata.

 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), Prahoro Nurtjahyo bersama seluruh Pimpinan Tinggi di Kementerian ESDM berkomitmen untuk memastikan Audit Kinerja 2024 yang akan diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal berjalan dengan transparan melalui pemutakhiran daftar risiko (strategis, kegiatan dan proses bisnis) yang dimiliki.

 

“Tidak lupa, diperlukan penguatan peran dan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk mendukung pemerintahan yang baik dan bersih di lingkungan Kementerian ESDM,” tutup Arifin. (NLP)