BDTBT SELENGGARAKAN DIKLAT DASAR-DASAR K3 BAGI 65 ASN KESDM

BDTBT SELENGGARAKAN  DIKLAT DASAR-DASAR K3 BAGI 65 ASN KESDM
19 Jan, 2023

BDTBT SELENGGARAKAN DIKLAT DASAR-DASAR K3 BAGI 65 ASN KESDM

19 January 2023 | Seputar BPSDM ESDM


 

Peningkatan keselamatan kerja dan kesehatan kerja perlu di upayakan untuk melindungi aset human capital dan menunjang keunggulan kompetitif bangsa. Tingginya kasus Kecelakaan kerja dapat menimbulkan dampak yang sangat besar, baik kerugian secara langsung maupun kerugian secara tidak langsung, baik bagi tenaga kerja maupun bagi perusahaan.

Tingginya kasus kecelakaan kerja menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran tenaga kerja maupun perusahaan dalam penanganan masalah keselamatan kerja. Hal tersebut menjadi latar belakang Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) dalam menyelenggarakan diklat Dasar-Dasar K3 Tambang Bawah Tanah bagi ASN KESDM tahun 2023.

Kegiatan diklat Dasar-Dasar K3 Tambang Bawah Tanah yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom diikuti oleh 65 peserta ASN KESDM (Ditjen Minerba, Itjen KESDM dan Badan Geologi) selama 3 hari, pada 17, 18 dan 19 Januari 2023. Diklat bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait aspek keselamatan dan kesehatan kerja pada industri pertambangan guna meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara dalam mendukung pelaksanaan tugasnya.

Pencapaian tujuan diklat melalui penyampaian materi-materi seputar Dasar-dasar K3 Tambang Bawah Tanah tidak hanya melibatkan widyaiswara KESDM namun juga praktisi dari perusahaan tambang, diantaranya Rizal Zainuriska Sani PT Freeport Indonesia dengan materinya Bahaya dan Resiko Ventilasi Tambang Bawah Tanah.

Melalui diklat ini diharapkan ASN KESDM dapat memahami aspek-aspek keselamatan dan kesehatan kerja yang dapat mendukung pelaksanaan tugas pengawasannya.