Pengawas Pertamina Asah Kompetensi Aviation Safety di PPSDM Migas

Pengawas Pertamina Asah Kompetensi Aviation Safety di PPSDM Migas
18 Agu, 2021

Pengawas Pertamina Asah Kompetensi Aviation Safety di PPSDM Migas

18 August 2021 | Seputar BPSDM ESDM

Pusat Pengembangan Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan PT. Pertamina menyelenggarakan pelatihan Aviasi Tipe B, yang diikuti oleh pekerja PT. Pertamina. Pelatihan ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari, yakni dimulai hari Senin, 16 Agustus 2021 sampai dengan hari Sabtu, 23 Agustus 2021.

Selama 5 (lima) hari mengikuti pelatihan, para peserta mendapatkan materi berupa Product Knowledge & Laboratorium Test, Aviation Safety & HSE, Aviation Facilities & Refuelling, Aviation Automation Instrumentation, Aviation Quality Control (AQC).

Suharno, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan unjuk kerja peserta pelatihan sebagai pengawas dalam mengelola dan menjaga mutu dan jumlah bahan bakar pesawat terbang, ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (18/08/2021).

“Setelah mengikuti pelatihan ini, kami harapkan para peserta mampu menjadi pengawas yang handal dalam mengelola dan menjaga mutu bahan bakar pesawat serta mampu memahami dan mempraktekkan operasi pengendalian mutu BBM” tutur Suharno.

Suharno juga menambahkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta juga akan mengikuti ujian Sertifikasi Aviasi Tipe B.

Rista Rintik, salah satu peserta pelatihan tersebut juga mengungkapkan hal senada bahwa banyak sekali ilmu yang ia peroleh selama mengikuti pelatihan tersebut antara lain adalah Product Knowledge dan HSSE serta Aviation Safety, ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (18/08/2021)

“Pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti pelatihan ini sangat luar biasa, kami dapat merefresh pengetahuan kami dalam bidang Aviasi Tipe B, dan ilmu yang disampaikan kepada kami dapat terserap dengan baik, ilmu yang disampaikan sangat menunjang pekerjaan kami dilapangan” tutup Rista.